Jenis, Ciri Ciri, dan Khasiat

Cara Mudah Merawat Batu Bacan

Maraknya pengkoleksi Batu Bacan saat ini semakin banyak, Batu yang terkenal berasal dari Pulau Bacan ini memang menjadi primadona kalangan pengkoleksi batu akik di Indonesia, bukan hanya di Nusantara tetapi juga telah merambah ke Internasional, karena kecepatan metamorfosis batu ini maka sering juga disebut sebagai Batu Hidup oleh banyak orang. Namun, karena batu ini termasuk kedalam kelas batu mulia yang cukup mahal harganya sehingga banyak pengkolektor batu mencari Batu Bacan dengan harga yang relatif murah. Tentu saja ibarat kata pepatah dagang ada rupa ada harga, tentunya kualitas Batu Bacan dengan harga yang murah masih butuh perawatan khusus agar menghasilkan nilai batu yang setara dengan Batu Bacan berkelas. Cara merawat Batu Bacan bisa dibilang gampang-gampang susah. Ada trik-trik khusus untuk mendapatkan batu yang mempunyai kualitas setara hasil proses alam.


Untuk mendapatkan Batu Bacan yang mempunyai kualitas baik dari bahan atau loose stone yang masih butuh perawataan dapat dilakukan beberapa trik atau treatment yang dapa dilakukan. Treatment yang dilakukan ini bertujuan untuk menghilangkan kapur pada batu, menghilangkan warna hitam pada batu Bacan serta meningkatkan kekerasan dan kristalisasi dari batu Bacan terbut.

Cara Merawat Batu Bacan Simpel dan Mudah

Untuk merawat Batu Bacan agar cepat menampilkan warna hijau ataupun blueish dapat dilakukan beberapa cara yaitu : 

1. Melakukan Perendaman dengan Air Hujan atau Air AC

Lakukan perendaman Batu Bacan yang masih hitam dan telah menampakan warna hijaunya ke dalam air hujan ataupun air ac, perendaman dilakukan beberapa hari, setelah itu jemur Batu Bacan tersebut dibawah terik matahari, perhatikan perubahan yang terjadi lakukan terus menerus.

2. Melakukan Perendaman dengan campuran Minuman Suplemen (Kratindaeng dan Pocari)

Perendaman dengan menggunakan campuran minuman suplemen memang masih sangat jarang dilakukan, tetapi sahabat Pusaka Batu Akik telah melakukannya, caranya rendam Batu Bacan semalaman, setelah direndam lakukan pengamplasan menggunakan amplas halus bisa menggunakan amplas dengan grid 400, lakukan dengan menggunakan air biasa agar hitam yang mencair dapat langsung lepas dari batu tersebut.

3. Melakukan Perendaman dengan Minyak Zaitun

Perendaman dengan minyak zaitun bertujuan untuk mengurangi atau menghilangkan kapur-kapur pada batu Bacan. Caranya hampir sama dengan melakukan perendaman dengan air ac.

4. Melakukan Perendaman dengan Air Dugan atau Kelapa Muda

Air Dugan atau air kelapa muda dipercaya oleh banyak orang untuk meningkatkan kekerasan dan proses kristaliasasi pada Batu Bacan. Perendaman dengan air dugan ini bertujuan untuk membuat Batu Bacan memiliki body glass.

Mungkin beberapa trik di atas dapat dicoba, tentunya dengan hati-hati.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Cara Mudah Merawat Batu Bacan "

Pusat Batu Akik.

Back To Top