Jenis, Ciri Ciri, dan Khasiat

Indahnya Pink Lebong Bengkulu, Bacan Saja Kalah

Provinsi Bengkulu yang makin terkenal lewat Batu Akik Raflesianya sekarang ini dihebohkan lagi dengan kemunculan jenis Batu Akik baru yang harganya lebih tinggi dari Bacan Halmahera, Pink Lebong warga setempat sering menyebutkannya. Batu Pink Lebong ini mempunyai warna batu pink Batu ini dihargai cukup tinggi karena harga dihitung per karat bukan per satuan batu. Untuk per satu karatnya Batu Pink Lebong ini dihargai sampai 1jutaan.

Batu Akik Pink Lebong Bengkulu

Batu Pink Lebong mempunyai tingkat kekerasan di atas 8 skala mohs, dan tingkat kekristalan yang sangat sempurna, sehingga bila dibandingkan dengan Batu Bacan saat ini sangat jauh beda kualitas yang ditawarkan. Sekilas Batu Akik Pink Lebong ini hampir menyerupai batu mulia Ruby.  Batu Akik Pink Lebong ditermukan pertama kali diakhir tahun 2014 ini di daerah Lebong tepatnya perbatasan antara Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), batu yang berdiam dialiran sungai pegunungan.

CIBI atau kepanjangan dari Cendana Indah Bengkulu Indonesia, merupakan salah satu jenis batu termahal origin Indonesia dengan nilai tawar Rough atau bahan batu perkilo mencapai 20jutaan, dengan efisiensi hasil yang didapat untuk jenis batu grade AAA sekitar 20% dari perkilo rough. Sedangkan harga per carat yang ditawarkan untuk jenis batu Pink Lebong ini sekitar 1 juta - 2 jutaan per carat.

Ciri - Ciri Batu CIBI atau Pink Lebong

  1. Warna Pink menyerupai Ruby 
  2. Serat menyerupai serat Nanas pada Jamrud
  3. Kekerasan batu lebih dari 8 skala mohs
  4. Origin Bengkulu 
Ternyata Indonesia sangat kaya akan varian batu mulia. Semoga dengan keanekaragaman yang dimiliki ini menjadikan Indonesia sebagai penghasil batu-batu mulia yang berkualitas. 

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Indahnya Pink Lebong Bengkulu, Bacan Saja Kalah"

Pusat Batu Akik.

Back To Top