Jenis, Ciri Ciri, dan Khasiat

Beda Batu Spirtus dan Batu Lavender Baturaja

Baturaja salah satu Kabupaten di Sumatra Selatan mempunyai potensi sumber daya alam yang sangat melimpah. Saat ini Baturaja semakin dikenal oleh penduduk Indonesia disebabkan oleh produk galian Batu Akik asal daerah ini yaitu Batu Spirtus dan Batu Lavender.
Batu Lavender Baturaja Super Kristal

Kedua batu ini masih tergolong ke dalam jenis Batu Anggur keluarga Batu Chalcedony. Batu yang memiliki tingkat kekerasan 6 - 7 dalam skala mohs ini termasuk jenis yang paling populer dan di buru oleh banyak kolektro dan penghobi Batu Akik, keindahan dan kecerahan warna yang dimiliki oleh batu inilah yang menjadi daya tarik untuk dimiliki para kolektor.

Kebanyakan orang masih sangat sulit untuk membedakan kedua batu ini, terutama bila bertemu dengan jenis Batu Lavender yang memiliki warna muda yang mendekati biru, terkadang kita masih sering terkecoh oleh warna yang dihasilkan.

Perbedaan Batu Spirtus dan Batu Lavender Baturaja

Batu Spritus Baturaja


Batu Spirtus Baturaja
Batu Spirtus sebenarnya hampir sama dengan Batu Biru Langit, memiliki warna biru seperti biru langit tapi warna yang dihasilkan adalah warna biru muda dan mempunyai refleski warna putih bila terkena cahaya matahari. Pengujian ini dapat dilakukan di bawah terik matahari untuk mendapatkan hasil yang sempurna atau dengan menggunakan media senter.

Batu Spirtus yang memiliki kualitas tinggi atau Grade AAA sudah tidak lagi tampak jelas serat kura-kura yang dimemilikinya, tetapi berganti seperti ada air di dalam batu tersebut sebagai hasil refleksi cahaya yang sering disebut orang dengan giwang.

Batu Lavender Baturaja

Batu Lavender Baturaja
Batu Lavender adalah salah satu batu yang paling banyak diminati oleh para kolektor batu. Batu Lavender umumnya berwarna ungu, Lavender yang berwarna Pink tergolong jenis batu lavender yang cukup langka. Warna ungu yang dimiliki oleh Baru Lavender terkadang masih sangat muda sekali sehingga hampir menyerupai kebiru-biruan. Untuk membedakannya dengan Batu Spirtus biasanya Batu Lavender akan merefleksikan warna pink bila terkena cahaya matahari atapun dengan sorotan senter. Serat batu yang paling banyak dicari oleh para kolektor Batu Lavender yaitu serat kura-kura.

Dari segi harga umumnya Batu Lavender masih di atas rata-rata Batu Spirtus dengan kualitas yang sama.

Mungking itulah sekedar mengambarkan bagaimana cara membedakan antara Batu Spirtus dan Batu Lavender yang berasal dari Baturaja OKU, Sumatra Selatan.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top