Jenis, Ciri Ciri, dan Khasiat

Cara Memunculkan Jarong Warna Opal Kalimaya Banten

Jarong warna pada Batu Opal Kalimaya adalah blink blink warna yang ditampilkan oleh Batu Opal Kalimaya sehingga membuat batu tersebut makin indah dilihat. Jarong warna inilah yang menjadi daya tarik Batu Opal Kalimaya sehingga batu Opal Kalimaya Banten ini tergolong ke dalam batu mulia yang berkelas di dunia, batu mulia yang paling dikenal di dunia seperti Ruby, Shapir, Zamrud, Intan dan Berlian, termasuk juga salah satunya berasal dari Indonesia yaitu Batu Opal Kalimaya dari Rangkasbitung Banten.

Cara Mengeluarkan Jarong Batu Opal Kalimaya Banten
Rough Batu Opal Kalimaya Banten

Blink warna yang ditampilkan oleh Batu Opal Kalimaya bila terkena sinar memang menjadikan Batu Opal Kalimaya Banten ini menjadi primadona dan salah satu jenis batu paling dicari para kolektor. Batu Opal Kalimaya Banten termasuk dalam batuan mulia yang memiliki harga yang cukup mahal. semakin banyak Jarong warna yang ditampilkan oleh Batu Opal Kalimaya maka semakin mahal harga yang ditawarkan. Saat ini banyak bermunculan rough atau bahan Batu Opal Kalimaya yang ditawarkan dipasaran, rough ini umumnya belum menampilkan jarong warna, sehingga harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal. Tinggi minat untuk memiliki Batu Opal Kalimaya Banten dengan budget yang rendah membuka peluang permintaan bahan Batu Opal Kalimaya Banten ini sangat dicari, tentunya untuk menghasilkan batu Opal Kalimaya Banten dengan Jarong warna yang telah sempurna butuh perawatan dan waktu.

Cara Mengeluarkan Jarong Warna Opal Kalimaya Banten

Banyak cara untuk mengeluarkan jarong warna Batu Opal Kalimaya Banten, treatment atau rawatan yang banyak dilakukan oleh peminat Batu mulia asal Banten ini dapa dilakukan dengan cara merendam Batu Opal Kalimaya Banten dengan minyak sereh, minyak sereh banyak dijual dipasaran, diapotik ataupun toko-toko obat herbal. Bila Opal Kalimaya Banten masih berupa bahan atau rough baiknya dibentuk terlebih dahulu menjadi batu cincin tetapi jangan dilakukan finishing. Setelah dilakukan perendaman lakukan penjemuran dibawah terik matahari bila telah mengering lakukan pengamlasan secara manual dan hati-hati, lakukan langkah-langkah tersebut sampai menghasilkan jarong. Umumnya bila dilakukan dengan benar waktu yang dibutuhkan kurang lebih 3 bulan.

Cara yang lain dapat dilakukan perendaman dengan menggunakan air hujan dicampur dengan abu gosok, abu yang sering digunakan untuk mencuci piring. Abu gosok yang diberikan air hujan agar dibuat menjadi lembab lalu masukkan rough atau batu Opal Kalimaya Banten yang telah dibentuk kedalam campuran tadi, lalu kubur. Umumnya waktu yang dibutuhkan kurang lebih sama seperti cara yang diatas, sekitar 3 bulan waktu yang dibutuhkan.

Treatment yang dilakukan memang membutuhkan waktu yang cukup lama dan kesabaran, banyak juga treatment yang dilakukan ini gagal dibanding berhasilnya. Bila tidak ingin menunggu lama baiknya membeli batu jadi.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Cara Memunculkan Jarong Warna Opal Kalimaya Banten"

Pusat Batu Akik.

Back To Top