Jenis, Ciri Ciri, dan Khasiat

Batu Akik Opal Kalimaya Banten



Opal Kalimaya Banten
Kali Maja yang terletak di wilayah Rangkas Bitung Banten ternyata memiliki potensi batu akik yang terbaik di dunia, sudah terbayang pasti nama batu akik tersebut. Kalimaya adalah nama batu akik tersebut, batu yang memiliki corak warna warni kristal pada batu tersebut bila terkena cahaya. Kualitas Kalimaya Banten ini banyak diprediksi yang terbaik di dunia setelah Opal Australia.

Opal Kalimaya BantenSelain Australia ternyata Batu Opal juga banyak ditemui di wilayah Meksiko dengan jenis Opal Api, Republik Ceko, Slowakia, Hungaria, Turki, Brasil, Honduras, Guatemala, Nikaragua dan Ethiopia. Bahkan informasi dari NASA bahwa di Planet Mars telah dideteksi adanya endapan-endapan batuan yang menyerupai batu Opal atau Kalimaya.

Opal yang memiliki dua arti makna yaitu "Melihat" dan "Sesuatu yang lain", kata Opal sendiri diambil dari bahasa Yunani "OPILLOS". Dasar inilah para gemologist memberikan nama batuan tersebut dengan OPAL karena mengacu dari makna "OPILLOS" dan sesuai dengan karateristik batu tersebut.

KALIMAYA

Opal Kalimaya Banten
Sedangkan nama batu Kalimaya yang berasal dari Banten berasal dari nama Sungai yang terdapat di Rangkas Bitung Banten yaitu Sungai Kali Maja. Yang dari cerita masyarakat setempat, waktu zaman penjajahan Belanda, orang orang Belanda sangat sulit menyebutkan Maja akan tetapi disebut dengan Maya. Maka dari itu batuan Opal yang berasal dari Kali Maja itu bernama Kalimaya.

Batu Opal Kalimaya konon dipercaya juga memiliki macam-macam kegunaan. Perpaduan warna merah dan warna hitam pada batu Opal Kalimaya merupakan jenis Opal Kalimaya yang sangat langka. Kilauan-kilauan warna pada Opal Kalimaya semakin menambah keindah dari batu itu sendiri.

Demikianlah sekilas Opal Kalimaya yang berasal dari Rangkasbitung Banten. Menurut Pusaka Batu Akik batu jenis Opal Kalimaya adalah batu mulia yang layak untuk menjadi koleksi para Kanjeng. Mari kita buru Opal Kalimaya, dan sekaligus melestarikan budaya kita.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Batu Akik Opal Kalimaya Banten"

Pusat Batu Akik.

Back To Top