Jenis, Ciri Ciri, dan Khasiat

Jenis dan Ciri-ciri Batu Agate

Agate merupakan nama ilmiah dari Batu Akik. Batu Akik dulunya paling banyak dipakai oleh orang berusia lanjut, para jawara-jawara ataupun yang memang senang mengkoleksi batu. Umumnya Batu Akik digunakan sebagai perhiasan berbentuk cincin, gelang dan liontin. Selain itu dulu Batu Akik banyak dipercaya dan digunakan untuk berbagai macam kegiatan mistis, baik sebagai penambah kepercayaan diri, panglaris, tolak bala, asihan dan lain sebagainya.

Sejak beberapa tahun terakhir peminat Batu Akik semakin menggila, tidak hanya disukai oleh para orang tua saja, saat ini Batu Akik sendiri telah diminati oleh kalangan muda dan bahkan kalangan wanita. Fenomena ini dikarenakan publikasi media selain itu juga memang Batu Akik sendiri memiliki keindahan dan corak yang menarik orang yang melihatnya. Warna-warna yang indah dan motif yang unik itulah yang telah membuat banyak orang dari semua kalangan semakin tertarik untuk memilikinya.

Jenis - Jenis Batu Akik yang Terkenal di Indonesia

Masyarakat Indonesia umumnya mengkategorikan Batu Akik dengan sebutan-sebutan seperti di bawah ini :

1. Kecubung

Batu Akik Kecubung Wulung
Batu Akik Kecubung, Batu Akik ini mempunyai keunikan tersendiri, umumnya batu kecubung mempunyai warna ungu dan hitam. Kecubung mempunyai tingkat kekerasan yang cukup tinggi. Keunikan lainnya dari Batu Akik ini adalah bila disorot dengan cahaya senter akan mempunyai warna krital yang berbeda dengan tampak warna luarnya. Seperti Batu Akik Kecubung Wulung, Batu Akik ini mempunyai warna hitam pekat mengkilat, tetapi bila di sorot dengan cahaya lampu senter akan nemampilkan warna merah di dalamnya. Di Indonesia Batu Akik Kecubung ini banyak ditemui di daerah Baturaja, Bengkulu, Kalimantan dan hampir seluruh wilayah Indonesia.

Ciri-ciri Batu Akik Kecubung

Batu Kecubung Memiliki ciri-ciri seperti :
  1. Warna, umumnya Batu Akik Kecubung mempunyai warna luar hitam, ungu dan putih.
  2. Karateristik, mempunyai tingkat kekerasan rata-rata di atas 7 skala moch. Bila disenter umumnya mempunyai warna kristal yang berbeda dengan warna luar.

2. Biduri Bulan

Batu Akik Biduri Bulan
Akik Biduri Bulan termasuk jenis batu mulia, karena tingkat kristal dari jenis Batu Akik ini sangat indah, apalagi bila dikenakan sebagai mata cincin ataupun dijadikan liontin. Efek cahaya yang dihasilkan oleh jenis Batu Akik ini sangat indah, umumnya Akik Biduri Bulan berwarna putih dan mempunyai efek bila terkena cahaya.

Ciri-ciri Biduri Bulan

Ciri-ciri dari Akik Biduri bulan adalah:
  1. Mempunyai efek cahaya yang indah, seperti sinar bulan.
  2. Mempunyai tingkat kekerasan rata-rata 6 - 6.5 dalan skala mosh.
  3. Warna Putih seperti susu, tetapi bila disenter dengan cahayanya

3. Anggur

Batu Akik Jenis Anggur yang paling terkenal adalah Batu Akik Anggur asal Baturaja. Selain Baturaja Akik Anggur yang paling banyak dicari juga Akik Anggur yang berasal dari Tanjung Bintang Lampung yang dikenal dengan Batu Bungur Tanjung Bintang.
Batu Akik Bungur Tanjung Bintang
Rough Bungur Tanjung Bintang

Batu Bungur Tanjung Bintang mempunyai ciri yaitu berwarna ungu dan memiliki serat seperti es, ada juga yang mengatakan Batu Bungur Tanjung Bintang adalah Batu Shafir Selon yang sangat langka.

Sedangkan Batu Anggur yang berasal dari Baturaja umumnya memiliki warna putih kristal dan yang paling terkenal adalah serat kura-kura. Yaitu serat yang menyerupai tempurung kura-kura. Walaupun jenis Batu Anggur banyak sekali varian warna yang dihasilkan. Tetapi varian warna putih kristal merupakan varian yang paling banyak dicari, karena batu ini dapat ditreatmen kembali dengan proses warna-warna lainnya.

4. Kalimaya

Batu Akik Kalimaya
Batu Akik Kalimaya, berasal dari Banten atau dikenal juga dengan sebutan batu Opal dalam dunia internasional. Batu Kalimaya sendiri banyak dihasilkan di daerah Kalimaja Propinsi Banten. Keunikan Batu Kalimaya ini adalah warna warni dari batu itu sendiri yang bervariasi. Dalam satu batu Kalimaya dapat menghasilkan bermacam-macam warna kristal di dalamnya.

5. Tapak Jalak

Batu Akik Tapak Jalak, adalah batu akik yang memiliki tanda seperti tanda plus atau pun kali pada atas batu, warna dan motifnya bermacam-macam. Semakin kristal Akik Tapak Jalak dan semakin presisi dari motif tanda tambah atau yang paling umum di sebut orang adalah batu salib maka semakin bernilai tinggi batu tersebut. 
Batu Akik Tapak Jalak

6. Fosil

Akik Fosil, merupakan Batu Akik yang berasal dari metamorfosis benda lain yang menjadi batu, seperti kayu menjadi batu, atau telur menjadi batu. Yang saat ini sedang diburu para kolektor adalah Fosil Kecubung Wulung Bengkulu karena keunikan dari Batu Akik ini sehingga banyak diburu para kolektor, umumnya batu Fosil tidak dapat mengkristal atau dengan kata lain tidak dapat tembus cahaya bila disenter. Tetapi Fosul Kecubung Wulung Bengkulu merupakan fosil kayu berwarna hitam yang bila disenter mempunya warna kristal merah didalamnya. Sangat menarik bukan. 

Fosil Wulung Bengkulu
Kedepannya Pusaka Akik akan membahas lebih banyak lagi jenis - jenis batu yang sedang populer dan menjadi incaran para kolektor. Serta tips dan trik dalam melakukan treatmen atau perawatan pada batu Akik sehingga tetap memiliki warna dan kecerahan warna yang semakin baik.


Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Jenis dan Ciri-ciri Batu Agate "

Pusat Batu Akik.

Back To Top