Jenis, Ciri Ciri, dan Khasiat

Batu Akik Bolong Disebut Combong

Para pakar akik berpendapat bahwa dibalik keindahan bentuk Batu Combong yaitu batu yang mempunyai bolong ditengah, terkadang disisi batu akik umumnya terjadi karena proses alam. Ir. Sujatmiko, dalam penelitiaannya menemukan kejanggalan pada sebuah bahan batu yang penuh dengan lubang. Di dalam Batu Combong yang dia lihat lewat kaca pembesar, banyak dilihatnya mahluk hidup. Yang pasti di dalam batu itu dihuni beberapa spesies yagn sulit dipahamin oleh akal kita, ujarnya.

batu combong dan khasiatnya

Selama ini, tak sedikit orang yang mencari Batu Combong karena tuahnya. Banyak orang percaya bahwa Batu Combong memiliki khasiat untuk asihat ataupun pemikat. Batu yang memiliki tingkat kekerasan hanya sekitar 5 - 6 skala mohs ini banyak sekali dan mudah didapatkan dipasaran. Tetapi untuk yang memiliki khasiat tentunya hanya orang-orang tertentu saja yang dapat merajahi batu tersebut. 

Ciri-ciri Batu Combong

Untuk mengetahui Batu Combong yang asli, biasanya memiliki ciri-ciri berikut :
  1. Lubang batu bersifat alami, bisa karena proses tetusuknya akar-akaran ataupun oleh tetesan air dan sebagiainya, bukan hasil bor atau kikir.
  2. Terdapat urat-urat batu didalamnya
  3. Massa batu terasa berat bila dipegang
  4. Bila diperhatikan lubang yang terdapat pada Batu Combong umumnya bersifat kasar, seperti adanya garam-garam halus.
Di zaman dahulu, batu combong digunakan sebagai alat untuk pengukur waktu. Mungkin itulah  sekilas tentang Batu Akik Combong yang banyak disukai orang, karena keunikannya. Batu Combong yang memiliki motif merupakan batu yang paling banyak dicari. Misalnya Batu Combong dengan motif angka delapan, jadi terdapat dua lubang pada batu tersebut dan dikeliling oleh warna pada sekeliling lubang itu sehingga bila diperhatikan seolah-olah membentuk angka delapan.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Batu Akik Bolong Disebut Combong"

Pusat Batu Akik.

Back To Top