Jenis, Ciri Ciri, dan Khasiat

Fire Chalcedony Ikon Baru Batu Akik Lampung

Fire Chalcedony Way Kanan Lampung
Fire Chalcedony disebut juga Anggur Api, Batu Akik yang saat ini menjadi ikon baru dari Provinsi Lampung. Anggur Api merupakan batu akik yang berasal dari Kabupaten Way Kanan Lampung ini memiliki keunikan tersendiri sehingga menjadi buruan para kolektor batu akik saat ini. Keunikan yang dimunculkan oleh Batu Fire Chalcedony ini karena giwang yang terdapat pada batu tersebut menyerupai lidah-lidah api bila terefleksi cahaya. Bahkan Fire Chalcedony sendiri telah memiliki Sertifikat Paten dari Dirjen HAKI KEMENKUMHAM RI No. D002015000978 dengan nama"FIRE CHALCEDONY", tujuan dipatenkan nama Fire Chalcedony oleh Gubernur Lampung agar tidak ada lagi daerah lain yang memberikan nama Fire Chalcedony untuk batu sejenis bila ditemukan ditempat lain.

Provinsi Lampung yang lebih dahulu dikenal dengan Batu Bungur Tanjung Bintangnya semakin kaya dengan ditemukannya jenis batuan endemik yang berasal dari Kabupaten Way Kanan, selain itu juga tidak hanya di Way Kanan jenis batuan akik juga banyak didapati di Kabupaten Lampung Barat dengan Batu Akik Teratai dan Pancawarna yang memiliki keindahan tersendiri dibandingkan dengan Batu Akik sejenis di Indonesia.

Ciri - Ciri Batu Akik Anggur Api atau Fire Chalcedony

Ciri umum dari batu akik Anggur Api adalah giwang yang seperti lidah api bila terefleksi oleh cahaya, kekerasan batu mencapai 6 - 7 skala mohs karena chalcedony termasuk ke dalam jenis bebatuan yang memiliki tingkat kekerasan cukup tinggi. Sekilas Fire Chalcedony ini menyerupai dengan Fire Opal. Batu Fire Chalcedony memiliki banyak warna mulai dari Putih, Coklat dan sebagainya tentunya dengan giwang yang menyerupai lidah api bila terefleksi oleh cahaya.

Itulah sekilas tentang Fire Chalcedony yang merupakan batu pendatang baru dari Kabupaten Way Kanan Lampung yang langsung mendapat sambutan sangat baik di Indonesia.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Fire Chalcedony Ikon Baru Batu Akik Lampung"

Pusat Batu Akik.

Back To Top