Jenis, Ciri Ciri, dan Khasiat

Batu Akik Bengkulu Menjadi Primadona Baru

Bengkulu, salah satu Propinsi yang ada di Sumatra ini banyak sekali menghasilkan jenis-jenis Batu Akik, Batu Akik Raflesia saja telah memiliki varian-varian baru seperti Tomato Raflesia, Yellow Raflesia, Red Raflesia, White Raflesia walaupun Red Raflesia yang masih menjadi favorit kolektor Batu Akik khususnya jenis Batu Akik yang berasal dari Bengkulu. Dihingar bingarnya fenomena batu akik di tanah air, mulai dari Batu Bacan yang telah merajai batu akik yang paling banyak dicari untuk dikoleksi, batu akik Kalimaya yang berasal dari Banten yang telah lebih dahulu dikenal di manca negara, hingga batu akik yang berasal dari Baturaja Sumatra Selatan. Saat ini salah satu Propinsi yang menjadi penantang baru dalam dunia perbatuan akik ini adalah Propinsi Bengkulu.
pink lebong adalah ruby bengkulu

Bengkulu banyak sekali memiliki jenis batu akik yang dapat ditawarkan dipasaran, yang paling dikenal saat ini adalah Batu Akik Raflesia dari jenis Raflesia, selain itu ada juga Kecubung Wulung atau Yahman Wulung Fosil yaitu batu akik yang terbuat dari proses kayu yang membatu, uniknya Fosil Kecubung Wulung asal Bengkulu ini tidak seperti Batu Akik Fosil secara umum yang tidak tembus bila disenter, Fosil Kecubung Wulung Bengkulu bila disenter akan tembus cahaya dan memiliki warna kristal merah, warna hitam pekat umumnya batu akik fosil tetap menjadi ciri khas.

Selain dari Fosil Kecubung Wulung dan Batu Akik Raflesia masih banyak lagi jenis-jenis batu akik yang dihasilkan oleh Propinsi Bengkulu ini.

Beberapa Batu Akik Origin Bengkulu

  1. Pink Lebong

    Pink Lebong merupakan Batu Akik origin Bengkulu yang ditemukan akhir tahun 2014 di perbukitan Lebong perbatasan dengan Taman Nasional Bukit Kerinci (TNBK), batu yang didapat dari aliran sungai perbukitan ini memiliki warna menyerupai Ruby. Harga per karat Batu Pink Lebong ini mencapai 1 - 2 juta per karat.
  2. Teratai Hitam Bengkulu 

    Teratai Hitam Bengkulu merupakan jenis batu akik motif seperti kumpulan bunga teratai, Teratai Hitam yang berasal dari Bengkulu merupakan jenis batu akik Teratai yang paling langka, sehingga banyak sekali kolektor menginginkan untuk mendapatkan jenis batu ini.
  3. Yellow Raflesia

    Yellow Raflesia Asli Bengkulu
    Batu Akik Raflesia paling banyak dikenal adalah Red Raflesia, batu akik yang memiliki warna merah yang menyerupai dengan warna bunga Reflesia Arnoldi memang memiliki keunikan tersendiri, keunikan itu dipancarkan oleh warna merah yang terbias kuning bila terkena cahaya dan ada fenomena seperti batu cat eyes, sehingga batu ini cukup memiliki harga yang lumayan mahal dan banyak dicari oleh para kolektor.

    Itulah sekilas mengenai batu akik yang berasal dari Propinsi Bengkulu, tentunya masih banyak lagi jenis batu akik yang dihasilkan oleh Propinsi ini.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Batu Akik Bengkulu Menjadi Primadona Baru"

Pusat Batu Akik.

Back To Top