Jenis, Ciri Ciri, dan Khasiat

Batu Akik Chrysoprase Garut

Batu Akik Chrysoprase adalah jenis batu yang memiliki keunikan dan keindahan warna, selain jenis batu Akik yang termasuk langka sehingga menjadikan batu akik ini menjadi bahan buruan oleh para kolektor dan penghobi batu. Chrysoprase dikenal juga dengan sebutan Batu Akik Hijau Garut.
Batu Akik Hijau Garut
Batu Hijau Garut / Chrysoprase Garut

Chrysoprase adalah batu jenis Chalcedony semi kuarsa dengan tingkat kekerasan sedang. Struktur kristal yang sangat halus sehingga bila disenter akan tembus. Sekilas rupa batu akik ini hampir mirip dengan Batu Bacan, orang awam atau kolektor pemula mungkin akan terkecoh dari tampak luar batu Akik Hijau Garut ini dengan Batu Bacan karena warna yang hampir mirip.

 

Perbedaan Batu Hijau Garut dengan Batu Bacan 

Untuk membedakan batu jenis Chrysoprase atau Hijau Garut dan Chrysocolla Chalcedony atau Batu Bacan dapat dengan memberikan intensitas cahaya, bisa menggunakan cahaya senter ataupun cahaya matahari, pada batu jenis Chrysoprase warna hijau akan berubah semakin muda bila terkena intensitas cahaya, sedangkan pada jenis Chrysocolla Chalcedony warna biru akan berubah menjadi warna hijau bila terkena cahaya senter ataupun sebaliknya.
Perbedaan Bacan dan Hijau Garut
Bacan Doko dan Hijau Garut

Bila dilihat dari kekerasan batu, tentunya hal ini diperlukan alat uji laboratorium untuk mengetahui tingkat kekerasan, pada umumnya batu Hijau Garut memiliki tingkat kekerasan yang kurang dari Batu Bacan. Batu Bacan sendiri dapat memiliki tingkat kekerasan mulai dari 7 skala mohc ke atas, sedangkan jenis batu Hijau Garut berada dibawahnya.

Tetapi kedua batu ini sama-sama memiliki keindahan yang sama sehingga banyak diburu oleh para kolektor. Mungkin para Kanjeng Pusaka Batu Akik telah lebih banyak tahu mengenai batu Bacan dan Batu Hijau Garut, yang pastinya telah memiliki kedua batu ini untuk mengisi kotak-kotak koleksi para Kanjeng.

Baca Juga :
Fenomena Batu Akik Pancawarna
Batu Akik Paling Dicari Kolektor Indonesia
Jenis Batu Agate

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Batu Akik Chrysoprase Garut"

Pusat Batu Akik.

Back To Top